UTDRS KH. Hayyung Gelar Sosialisasi Donor Darah di Lingkup DPRD Selayar

KEPULAUAN SELAYAR – Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) KH. Hayyung Kepulauan Selayar mengadakan sosialisasi Donor Darah di Kantor DPRD Kepulauan Selayar Benteng, Senin (18/12/23).

Sosialisasi digelar usai rapat paripurna DPRD, diikuti Para Anggota Dewan dan para Staf Sekretariat DPRD.

Tujuan sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada orang lain terkhusus kepada lingkup DPRD akan pentingnya donor darah dan diharapkan dapat mengajak lebih banyak lagi calon pendonor untuk mendonorkan darahnya di UTDRS KH.Hayyung. Hal tersebut penting mengingat pendonor sukarela yang ada di Kepulauan Selayar masih minim.

dr. Misnah, M.Kes., SpPK sebagai narasumber menjelaskan bagaimana syarat, mekanisme dan pentingnya berdonor bagi kesehatan dan kemanusiaan.

Manfaat donor darah bagi kesehatan diantaranya meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, membakar kalori dan menurunkan resiko penyakit jantung serta dapat membuat pikiran lebih stabil.

Sedangkan salah satu manfaat donor darah bagi kemanusiaan ialah 1 kantong darah yang didonorkan dapat menolong setidaknya 3 nyawa.

Disamping itu, pada sosialisasi ini dr. Misnah juga menjelaskan bahwa dalam undang-undang kesehatan bahwa pelayanan darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersil. (M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *