Kelong Batti’ – Batti’ Persembahan Dekranasda Selayar Hentak Panggung INACRAFT 2023

bukaberita.id, JAKARTA – Produk kerajinan, seni, dan atraksi budaya dari berbagai Kabupaten Kota dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan ditampilkan pada INACRAFT 2023,  sebagai ikon pameran, tak terkecuali budaya masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain menampilkan berbagai produk kerajinan, Dekranasda Kepulauan Selayar juga menampilkan dua jenis budaya, diantaranya yang sangat memukau adalah kesenian Batti-batti dan Tari Pangellai yang dibawakan oleh para pengurus Dekranasda.

Batti – Batti  adalah kesenian berupa lagu berbahasa Selayar, yang dilantunkan oleh dua orang, pria dan wanita,  dimana batti – batti dinyanyikan secara spontan, semacam berbalas pantun.

Tampil memukau pada Sabtu (4/3) dengan balutan pakaian khas para pengunjung Pameran Inacraft seperti terhipnotis, Tepuk sorak riuh penonton mengiringi turunnya para penari dari panggung, lalu dilanjut dengan Batti-Batti yang menghentak panggung Inacraft sehingga banyak pengunjung  yang naik panggung dan berjoget bersama, bahkan ada beberapa diantara mereka  memberi sawer.

Ketua dan Pengurus Dekranasda juga berjoget bersama di depan pintu utama Inacraft, terpancar raut bahagia Andi Musrifah melihat budaya Selayar bisa dinikmati banyak orang di Jakarta.

“ini merupakan kesempatan emas mempromosikan produk khas andalan daerah dan mengenalkan budaya kita” ucapnya singkat.

Even pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft sebelumnya dibuka oleh Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno dan menghadirkan 1.200 tenan UMKM dari seluruh wilayah Indonesia bertempat di Jakarta Convention Center, digelar dari tanggal 1 sampai 5 Maret 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *