Siap Untuk Pemilu 2024, Partai Golkar Ajukan 25 Bacaleg ke KPU Kepulauan Selayar

bukaberita.id, KEPULAUAN SELAYAR – Partai Golkar Kepulauan Selayar ajukan 25 bakal calon legislatif ke kantor KPU Kepulauan Selayar pada Sabtu (13/5/2023) pagi.

Kedatangan partai golkar dipimpin oleh Mappatunru yang didampingi oleh sekretaris Andi Arpin. Diawal kedatangannya di ruang pendaftaran Ketua KPU memberikan kesempatan kepada pimpinan rombongan untuk memberikan pengantar.

“Menurut PKPU ada 3 syarat pengajuan calon, yaitu Surat Pengajuan Calon, Daftar Bakal Calon sebanyak 25 orang yang tersebar di 5 Dapil. Kami tetap memperhatikan keterwakilan 30 % sebagaimana disyaratkan dalam PKPU dan yang terakhir yaitu Persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar”, Ucap Mappatunru sebagai pimpinan rombangan.

Partai Golkar mengajukan bacaleg 100% di 5 Daerah Pemilihan. Dengan bacaleg 16 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh verifikator yaitu Partai Golkar di dapil Kepulauan Selayar 1 dengan kuota 4 kursi mengajukan bakal calon sebanyak 4 orang, 3 laki – laki 1 perempuan. Bakal calon perempuan berada pada nomor urut 3. Untuk dapil Kepulauan Selayar 2, kuota 6 kursi, bakal calon yang diajukan 6 orang terdiri atas 3 laki – laki dan 3 perempuan. Bakal calon perempuan berada pada nomor urut 2, nomor urut 4 dan nomor ururt 6 yang melebihi 30 % yaitu 50 %. Untuk dapil Kepulauan Selayar 3 dengan kuota 3 kursi, diajukan sebanyak 3 orang bakal calon terdiri atas 2 laki – laki dan 1 perempuan dan calon perempuan berada pada nomor urut 3. Untuk dapil Kepulauan Selayar 4 dengan kuota 6 kursi, yang diajukan 6 orang bakal calon yang terdiri dari 4 laki – laki dan 2 perempuan. Bakal calon perempuan berada pada nomor urut 3 dan nomor urut 6. Dan yang terakhir untuk dapil Kepulauan Selayar 5, kuota 6 kursi yang diajukan 6 orang terdiri dari 4 laki – laki dan 2 perempuan. Bakal calon perempuan berada pada nomor urut 2 dan nomor urut 5. Secara keseluruhan keterwakilan perempuan memenuhi syarat.

Namun perlu diketahui dari hasil verifikasi yang telah dilakukan terdapat 2 catatan. Yang pertama atas nama Andi Ako yang terdaftar pada dapil 2 nomor urut 5 juga terdaftar di partai Demokrasi Indonesia Persatuan pada dapil 2 nomor urut 3. Kemudian yang kedua, atas nama Imelda Leonita, S.E terdafatar di dapil 4 nomor urut 3 juga terdaftar di partai Nasdem di dapil 4 nomor urut 2. Selanjutnya dokumen tersebut diserahkan kepada bawaslu yang pada hal ini bertugas dalam hal pengawasan.

“Berdasarkan hasil verifikasi di Silon, dimana keterwakilan perempuan untuk Partai Golkar di Dapil Kepulauan Selayar 1 sebanyak 25%, Kepulauan Selayar 2 sebanyak 50%, Kepulauan Selayar 3,4 dan 5 masing-masing 33 %, maka sesuai dengan ketentuan dalam pasal 37 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, pendaftaran bacaleg dari Partai Golkar dengan ini kami nyatakan di terima yang selanjutnya akan diterbitkan berita acara dan tanda terima” terang Andi Dewantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *