Kapan waktu yang tepat minum obat tensi ?

bukaberita.id – Dalam pengobatan Hipertensi terdapat beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit Hipertensi. Seseorang dikatakan telah memasuki fase hipertensi tingkat 1 ketika tekanan darah pada 140-159/90-99 mmHg. Amlodipine merupakan salah satu obat yang digunakan dalam pengobatan penyakit hipertensi yang termasuk kedalam golongan Antagonis Kalsium. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai pada pasien hipertensi diresepkan obat Amlodipine.

Sebelum masuk pada kapan kita sebaiknya untuk mengosumsi Amlodipine agar tercapi efek terapi yang maksimal, kita kenali terlebih dahulu apa itu Hipertensi. Menurut WHO hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah terus-menerus meningkatkan tekanan. Darah dibawa dari jantung ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah. Setiap kali jantung berdetak, ia memompa darah ke pembuluh darah. Semakin tinggi tekanannya, semakin keras jantung harus memompa. Hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, otak, ginjal, dan lainnya yang merupakan penyebab utama kematian dini di seluruh dunia, dengan lebih dari 1 dari 4 pria dan 1 dari 5 wanita – lebih dari satu miliar orang – memiliki kondisi tersebut.

Penelitian menunjukkan waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat tensi yaitu pada malam hari. Dalam penjelasannya tekanan darah menunjukkan ritme 24 jam, lebih tinggi pada siang hari dan lebih rendah pada malam hari yang di sebut dipping, namun pada usia 55 tahun dipping ini tidak lagi terjadi sehingga tekanan darah tidak turun hal ini disebut non dipping, non dipping ini merupakan faktor risiko utama untuk penyakit stroke, serangan jantung, dan penyakit ginjal. Hormon yang bertanggung jawab terhadap tekanan darah dihasilkan lebih banyak pada waktu malam hari di waktu istirahat sehingga mengosumsi pada malam hari sebelum tidur dapat memberikan efektifitas yang baik pada obat-obat tensi. Tetapi obat tensi golongan Penghambat ACE seperti Kaptopril, Lisinopril dan lainnya mempunyai risiko batuk yang mungkin dapat mengganggu pada malam hari sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Didukung Oleh :

Apotik Oxygen MedikaKlinik Diponegoro

Writer: apt. Eko Pratama Putra, S.Si (Apoteker UPTD Puskesmas Benteng, Kepulauan Selayar)Editor: Muhammad Arfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *