RAPI Siap Bantu BPDB Dengan Bantuan Komunikasi Dalam Menghadapi Cuaca Buruk

Radio Antar Penduduk Indonesia
Ketua RAPI Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. Muh. Yunan Krg. Tompobulu, ST. MT., IPM
Radio Antar Penduduk Indonesia
Personil Radio Antar Penduduk Indonesia Wilayah 15 Kepulauan Selayar

Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar, Daerah 24 Sulawesi Selatan siap berikan Bantuan Komunikasi (Bankom) untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar. Hal ini dilakukan untuk mempermudah jalannya komunikasi dalam menangani bencana akibat cuaca buruk yang melanda Kepulauan Selayar pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023.

RAPI Selayar akan menurunkan personil untuk membantu komunikasi via Frequency Two Meter Band melalui Radio Pancar Ulang (RPU) puncak Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai. Terlebih lagi beberapa wiyah di daratan Pulau Selayar mengalami blank spot seluler akibat cuaca buruk yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar.

Radio Antar Penduduk Indonesia
Ketua RAPI Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. Muh. Yunan Krg. Tompobulu, ST. MT., IPM

Muh Yunan mengatakan bahwa BPBD meminta kepada RAPI untuk dapat memberikan Bantuan Komunikasi  dan permintaan personil untuk posko bersama tim terpadu  lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar dan juga kata Muh Yunan telah mengeluarkan pernyataan status darurat bencana dalam masa tanggap darurat mulai tanggal 24 Desember 2022 sampai dengan 12 Januari 2023.

Menyikapi hal tersebut, Muh. Yunan siap menurunkan personilnya untuk bantuan komunikasi dalam penanganan bencana. Muh. Yunan juga mengatakan bahwa ia juga akan melibatkan personilnya dalam giat bakti sosial bersama tim terpadu dalam menanggulangi bencana di daratan Pulau Selayar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *