Launching Aksi Perubahan PAKABALLO DESAKU dan WARKOP KADES

bukaberita.id, KEPULAUAN SELAYAR  – Launching Aksi Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Puslatbang KMP LAN RI Tahun 2023 berlangsung di Aula KESBANGPOL Kepulauan Selayar pada Senin (12/06/2023) pagi.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M.Ec. Dev, Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. M. Yunan Krg Tompobulu, ST., MT., IPM, para Organisasi Perangkat Daerah, Camat Buki, Camat Bontoharu, para Kepala Desa se-kecamatan Buki, Kepala Desa Bontosunggu dan Lurah Putabangun.

Dalam kegiatan ini ada dua aksi perubahan yang akan di launching, diantaranya Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Pengajuan Lewat Link Online di Desa/Kelurahan (PAKABALLO DESAKU) oleh Muhammad Yusran K, S.E, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi, Administrasi, Penginputan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kepulauan Selayar dan Warung Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa (WARKOP KADES) oleh Dempak, S.Pd, Camat Buki.

Muhammad Yusran K, S.E menyampaikan dalam paparannya bahwa alasannya mengangkat gagasan PAKABALLO DESAKU adalah pelayanan administrasi kependudukan merupakan tugas negara yang diemban oleh Disdukcapil dalam rangka memberikan perlindungan hukum pada seluruh WNI penduduk Indonesia dengan memberikan dokumen kependudukan secara cepat, akurat, tepat dan gratis kepada seluruh penduduk.

“Kita berkeinginan agar negara bisa hadir untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih dekat untuk diakses oleh masyarakat.” Ungkapnya

“Hal lain yang menjadi latar belakang adalah Disdukcapil selama ini sudah melakukan pelayanan dan upaya – upaya lainnya untuk meningkatkan pelayanan, namun masih ada target kinerja yang belum tercapai. Dan berdasarkan penilaian KEMENPAN RB tahun 2022, Disdukcapil Kepulauan Selayar masih mendapatkan predikat C. Sehingga diharapkan semoga kedepannya bisa ditingkatkan untuk lebih baik lagi.” Tambahnya

Selanjutnya ia mengatakan bahwa jika melihat kondisi geografis Kepulauan Selayar yang terdiri dari berbagai pulau, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Disdukcapil dalam menjalankan tugas, sehingga diperlukan inovasi kedepannya yang mempermudah pelayanan.

Dalam paparannya juga ia menyampaikan tugas dan manfaat aksi perubahan PAKABALLO DESAKU. Ada 3 tujuan yaitu tujuan jangka pendek diharapkan terwujudnya desa sadar administrasi kependudukan di tingkat desa/kelurahan melalui pemanfaatan administarasi kependudukan berbasis pengajuan link online di desa/kelurahan, tujuan jangka menengah yaitu diharapkan dalam jangka 6 bulan hingga 1 tahun ini kita bisa perluas, sehingga semua desa yang ada di kecamatan daratan juga bisa menggunakan layanan ini, tujuan jangka panjang diharapkan semua desa kecamatan daratan maupun kecamatan di kepulauan juga bisa menggunakan layanan tersebut.

Sedangkan untuk manfaatnya yaitu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan administarasi kependudukan, menghilangkan adanya perantara atau calo dalam pengurusan administrasi kependudukan dengan adanya sistem yang transparan, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan aktif tindak kependudukan secara berkelanjutan.

Kemudian Camat Buki juga memaparkan aksi perubahan yang digagas yaitu Warung Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa WARKOP KADES

“Kita ketahui bahwa banyak kepala desa yang tersangkut masalah hukum, sehingga melalui aksi perubahan ini diharapkan tidak ada lagi kepala desa yang terkait masalah hukum. Jadi kami di kecamatan buki ini membuka layanan untuk berkonsultasi terkait dengan penganggaran, pertanggungjawaban dan perencanaan”, paparnya

Camat Buki juga mengungkap isu yang menjadi latar belakang gagasan aksi perubahan WARKOP KADES.

“Harusnya begitu tahun anggaran berakhir maka semua LPJ nya sudah rampung semua, Nah selama saya menjabat disana masih ada desa yang belum selesai LPJ padahal tahun anggaran sudah berakhir. Sehingga dengan adanya WARKOP KADES saya berharap begitu selesai tahun anggaran SPJ sudah diselesaikan”. tambahnya

Setelah pemaparan aksi perubahan, Sekda Mesdiyono kembali mengulas aksi perubahan yang telah dipaparkan dilanjutkan dengan melaunching secara resmi aksi perubahan PAKABALLO DESAKU dan WARKOP KADES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *