Hari Peduli Sampah Nasional 2023, RAPI Wilayah 15 Kep Selayar Juga Ikut Berpartisipasi

bukaberita.id, KEPULAUAN SELAYAR – Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, pengurus dan anggota organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar turun melakukan bakti sosial membersihkan sampah di pesisir pantai Appabatu Kecamatan Bontomanai, Selasa (21/2/2022).

Para pengurus dan anggota RAPI ini bergabung dengan organisasi kemasyarakatan lainnya berjibaku membersihkan sampah kiriman yang terdampar di pantai Appabatu selama musim barat tahun ini.

Ketua RAPI Selayar Ir. Muh. Yunan Krg Tompobulu, ST., MT., IPM yang terjun langsung dilokasi baksos mengatakan bahwa ia sengaja mengajak anggotanya menurutnya Bakti sosial adalah bagian dari program kerja organisasi RAPI Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Dipanggil ataupun tidak, kami tetap harus turun lapangan karena ini adalah bagian dari program kerja kami. Jadi bukan hanya bantuan komunikasi (Bankom), tetapi bakti sosial juga adalah program kami di RAPI,” ucapnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa keikutsertaan organisasi RAPI dalam kerja bakti massal yang digelar oleh Pemkab Kepulauan Selayar, adalah sebagai wujud bahwa anggota RAP peduli terhadap kebersihan.

“Ini adalah tugas kita semua bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang komunikasi, pastinya kami mendukung program-program pembangunan pemerintah, sesuai dengan bidang tugas yang kami emban,” pungkasnya.

Meskipun anggotanya masih berkisar 50 an ini, namun dari pantauan media ini anggota RAPI Selayar begitu bersemangat melakukan pembersihan sampah-sampah bersama-sama dengan tim dari organisasi lain, seperti kwarcab pramuka, PMI, juga dari unsur OPD, camat dan kepala desa serta masyarakat sekitar.

Diberitakan sebelumnya, pada momentum HPSN 2023 ini, Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar menurunkan ribuan ASN dan PHL serta dari TNI/Polri, dan masyarakat untuk melakukan kerja bakti di pesisir pulau Selayar mulai dari Kota Benteng hingga ke ujung utara pulau Selayar di Desa Pamatata Kecamatan Bontomatene.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *