Safari Nuzulul Qur’an, Dua Hari Wabup Jelajahi Pasi Lambena

bukaberita.id, KEPULAUAN SELAYAR – Wabup Saiful Arif, Staf Ahli Bupati Bid. Pemerintahan Hisbullah Kamaruddin dan Wakil Ketua Baznas Andi Baso, serta rombongan lainnya tiba di Pelabuhan Latokdok Kalao Towa, Ibu Kota Kecamatan Pasi Lambena, Senin (3-4) sore sekitar jam 15.25, dijemput Camat Andi Irwan, Danpos Sudirman, Babinsa Furqon Mubin, Sekdes Desa Goraupa Hasmaul, serta tokoh masyarakat setempat.

Berbeda dengan kecamatan lainnya yang hanya disinggahi satu malam, Wabup bersama rombongan Safari Nuzulul Quran ke lima kecamatan kepulauan dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dan zakat dari BAznas, menjadwalkan 2 hari di kecamatan Pasi Lambena, kecamatan terakhir dalam jadwal dan rute perjalanan.

Selama di Pasi Lambena, Wabup terus bergerak mengisi acara memberikan informasi dan menyerap aspirasi dari pemerintah dan masyarakat setempat, baik dalam acara formal maupun dalam acara bebas, silaturrahim dan diskusi ringan.

Di Hari Pertama, Senin (3-4), Setiba di rujab Camat Pasi Lambena, Wabup langsung pimpin Rakortas untuk pembagian tugas para Muballigh utusan MUI dari berbagai unsur organisasi, agar masjid yang terjangkau dapat terisi semua.

Wabup ditempatkan di Masjid Raya Latokdok untuk menyerahkan bantuan uang tunai dari Baznas, kepada perorangan, bantuan semen dan Pengeras suara Towa dari OPD, beras 75 karung dari Wahdah Islamiyah, dan memberikan informasi dan pesan pembangunan.

Di Hari kedua, Selasa (4-4) subuh Wabup mengisi ceramah dan memberi informasi kegiatan keagamaan, termasuk Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi di Selayar pada Awal Mei mendatang. “Siapkan ikan kering sebanyak banyaknya untuk dijual pada ribuan tamu dari 23 kabupaten dan kota se Sulsel” tegasnya memberi semangat pada jamaah.

Sekitar jam 10.10 pagi, Wabup didampingi Camat Andi Irwan dan Babinsa Furqan Mubin, Danpos Sudirman, serta unsur BAZ dan Humas, bag Pembangunan, menuju Desa Karumpa yang terpisah dari daratan Pulau Kalao Towa untuk menyalurkan dana zakat kepada Warga, bantuan pembeli AC dari OPD, memimpin Shalat Jamaah Dzuhur dan menyampaikan informasi pembangunan serta pesan agama terkait Nuzulul Quran dan hikmahnya.

Selanjutnya, perjalanan kembali ke Pelabuhan Laut Kawau dan mampir di ibu kota Desa Goraupa untuk menyerahkan zakat, dan memberikan sambutan serta pesan agama terkait zakat, didampingi Wakil Ketua Baznas Andi Baso. Berbuka puasa bersama di rumah mantan Kades H. Mani.

Setelah memberikan bantuan semen 30 sak kepada panitia Masjid Al Mujahidin (yang akan direhab total) atas nama OPD, Wabup dan rombongan menuju Kampung Muallaf (warga pindahan dari Mamere) di Dusun Gonda Desa Goraupa. Tanpa canggung, Wabup Saiful Arif segera menyatu dan ngobrol dengan Imam Masjid Dg. Siga, dan warga setempat, memimpin shalat isya dan tarwih, serta ceramah singkat sekaligus menyerahkan bantuan zakat kepada warga perorangan sesuai daftar, bantuan uang tunai 5 juta, juga dari Baznas dan bantuan untuk perbaikan jendela masjid (agar tidak panas) dari OPD.

Bersama Camat, Wabup dan rombongan kemudian kembali ke Latokdok untuk bergabung dengan rombongan lain, naik kapal, kembali ke Benteng Selayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *