Antisipasi Lonjakan Harga Jelang HBKN Pemkab Selayar Mengadakan GPM

KEPULAUAN SELAYAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengadakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman depan Kantor Bupati, Selasa (11/6/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kepulauan Selayar Bpk. Muhammad Basli Ali beserta pejabat tinggi daerah lainnya, termasuk masyarakat Kepulauan Selayar sebagai objek sasaran dari kegiatan ini.

Sebagai kegiatan yang diadakan serentak oleh 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan suatu bentuk upaya pemerintah daerah dalam merespon kondisi atau kemungkinan terjadinya inflasi harga barang kebutuhan dasar menjelang hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Sebagaimana yang diketahui bahwa menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tingkat permintaan terhadap produk-produk kebutuhan dasar seperti beras, minyak goreng, telur, dan lain sebagainya mengalami peningkatan yang berpotensi menyebabkan terjadinya lonjakan harga secara derastis. Adapun akibat dari lonjakan harga tersebut akan mempersulit masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehingga dapat beresiko menyebabkan kemiskinan.

GPM menjadi antisipasi nyata agar harga barang kebutuhan pokok tidak mengalami lonjakan harga secara derastis melalui upaya penawaran produk pangan dengan harga yang lebih murah kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasaran sehingga pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat menjelang hari raya Idul Adha tetap dapat terpenuhi.

Mengingat bahwa sektor pasar merupakan hal yang vital dalam aspek perekonomian dikarenakan sangat mempengaruhi tingkat harga suatu produk. Maka sudah merupakan tanggung jawab pemerintah terutama dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menjaga stabilitas harga barang.

_*(DINASTY, Warga Sipil)*_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *