Komunitas Rumah Baca SAKU Gelar Lokakarya Dasar Literasi

bukaberita.id, Kepulauan Selayar – Komunitas Rumah Baca SAKU didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa berhasil menyelenggarakan Lokakarya Dasar Literasi pada tanggal 4 hingga 6 Oktober.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan komunitas, mahasiswa dan, pelajar. Lokakarya ini mendiskusikan empat tema literasi yang Rumah Baca SAKU anggap penting untuk dipahami bersama. Tema tersebut ialah Literasi Kritis, Literasi Digital, Literasi Budaya serta Literasi Perempuan.

Rahmat Kaizar Ketua Rumah Baca SAKU mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong potensi yang ada pada setiap individu agar punya kesadaran bahwa literasi itu penting bagi kehidupan sehari-hari. Ia juga menyampaikan bahwa kita sebagai generasi penerus di Selayar selalu kurang bersaing karena pemahaman kita terhadap literasi itu rendah.

Rumah Baca SAKU berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi generasi muda untuk terus terlibat aktif dalam upaya peningkatan literasi dan penguatan kapasitas individu terhadap berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

“Literasi harus menjadi kewajiban bagi setiap orang agar literasi bisa mengakar dan menjadi budaya yang menunjang kehidupan manusia”, ujar ketua Rumah Baca SAKU.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *