Headline

Warga Surabaya Dapat Melaporan Via Online, Bila Belum Mendapatkan Bansos

 

SURABAYA, Bukaberita – Bagi warga Kota Surabaya yang belum mendapat Bantuan Sosial (bansos),  dapat melaporkan via online. Tepatnya, bisa diusulkan melalui aplikasi usulbansos.surabaya.go.id,  yang diluncurkan  Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Pemerintah Kota Surabaya.

Layanan daring itu merespon kasus seorang nenek sebatang kara di Simo Jawar , Surabaya, yang belum tersentuh / menerima bansos.

“Kemarin malam, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi), untuk dibuatkan aplikasi guna menampung warganya melaporkan yang membutuhkan bantuan. Karena ini berkaca dari adanya kasus Mbah Sumirah,  yang kemarin ditulis beberapa media,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Surabaya, M. Fikser, Jumat (27/8/2021).

Dijelaskannya, aplikasi tersebut bisa diakses oleh siapa saja untuk melaporkan dirinya sendiri maupun untuk warga sekitarnya, yang membutuhkan bantuan sosial.

“Siapa saja bisa melaporkan perihal bansos. Bisa melaporkan dirinya sendiri, maupun melaporkan orang lain yang membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Untuk pembuatan aplikasi ini-pun cukup cepat, terhitung dalam waktu semalam aplikasi ini dibuat oleh tim Kominfo, sehingga pada hari ini, pihaknya segera menyempurnakan aplikasi tersebut.

“Tim bekerja semalam. Nanti malam akan segera disempurnakan,” ujar Fikser.

Sementara untuk proses verifikasi calon penerima bantuan yang dilaporkan, akan menunggu pendaftaran di pihak Kemensos. Namun admin aplikasi tersebut akan standby 24 jam penuh.

“Pasti ada delay, untuk verifikasi 24 jam, agar ada respon. Bansos tidak semua berupa uang, dan bantuan bukan hanya dari Kemensos, tapi pihak Pemkot juga turun tangan. Saat menunggu, calon penerima bantuan untuk sementara bantuan dari Pemkot untuk masa Pandemi itu dapat,” terang Fikser

Selain itu, admin berusaha sebisa mungkin menerima dan menjawab semua usulan yang sudah dikirimkan ke aplikasi tersebut.

“Setiap usulan akan kami jawab. Sekarang daftarnya ke usul bansos,” katanya.

Sebelumnya, berita soal Mbah Sumirah yang sebatang kara tak pernah mendapatkan bantuan sosial, entah dari Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Mengetahui hal itu, Wali Kota Surabaya memarahi PNS Pemkot Surabaya yang tak turun langsung, membantu Mbah Sumirah. ( Why )

BERITA TERKAIT