Daerah Headline

Tradisi Diskusi Lesehan Berbuka,Bahas Tingkatkan Wisata Geopark

BONDOWOSO, Bukaberita – Berdiskusi tentang berbagai kebutuhan masyarakat sambil lesehan menjelang berbuka puasa merupakan tradisi budaya yang harus tetap dipertahankan. Hal inilah yang tetap dilestarikan dan dilakukan oleh para relawan Jokowi Mania yang tergabung ormas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Joman ( Jaringan Organisasi Masyarakat Nusantara ) Kabupaten Bondowoso.

Pembina Joman Bondowoso,Sugiono Eko Santoso mengatakan tradisi diskusi lesehan jelang berbuka tersebut dengan membahas berbagai hal yang menyangkut kemasyarakatan tersebut merupakan budaya bangsa ini, dan harus tetap di lestarikan. ” Banyak hal yang bermanfaat dalam diskusi tersebut, mulai dari membahas internal organisasi Joman, hingga memunculkan kembali ide atau gagasan menghidupkan kembali sektor pariwisata Bondowoso,”katanya, di Bondowoso, Sabtu (16/4/2021).

Menghidupkan lagi sektor pariwisata Bondowoso adalah salah satu pokok bahasan yang menarik dalam diskusi lesehan Joman Bondowoso tersebut sebab, selama ini banyak potensi wisata di Bondowoso yang diklaim oleh beberapa daerah disebelahnya. ” Salah satunya adalah kawasan ijen, itu sebenarnya potensi milik Bondowoso, tapi ya sudahlah, lebih dikenal sebagai wisata di Kabupaten Banyuwangi,”ujarnya.

Meskipun demikian, DPC Joman Bondowoso bertekad untuk tetap membantu menghidupkan potensi wisata lain yang alami di Bondowoso, salah satunya adalah taman Geopark.” Jika Geopark Bondowoso ini lebih hidup dan lebih banyak pengunjung, maka ekonomi masyarakat sekitar juga meningkat, dan hal ini selaras dengan tujuan dan visi Joman,’ujarnya.

Ia menjelaskan wisata Geopark adalah bentuk wisata keragaman sumber daya geologi yang penuh kekhasan dan keunikan budaya serta kekayaan sumber daya alam hayati. ” Geopark Ini merupakan destinasi wisata Geosite kelas dunia yang harus terus diinformasikan dan tetap menjunjung tinggi norma sosial dafn budaya, saya harapkan Bapak Menteri Pariwisata harus membantu promosikan ini, “tegasnya. (erw)

 

BERITA TERKAIT