Headline Wisata

Tiga Tempat Angker dan Mistis di Kota Pahlawan

Foto Penulis/Jurnalis Jol tengah
Foto Penulis/Jurnalis Jol tengah

SURABAYA, Bukaberita – Mungkin banyak orang sudah paham dan tahu Kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yaitu Surabaya. Di sini penulis ( R. Ernanto Arie alias Jol ), akan membawa sobat pembaca media bukaberita.id, ke Tiga tempat yang angker dan mistis di Kota Surabaya tercinta.

Surabaya memiliki banyak tempat – tempat yang bisa dikunjungi, baik itu untuk warga setempat atau wisatawan.

Mulai dari tempat bersejarah, hiburan sampai berbau mistis pun dapat ditemui di Kota Pahlawan ini.

Berikut ini adalah tiga tempat angker dan mistis di Kota Surabaya yang dihimpun dari berbagai sumber seperti  :

  1. Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo ini adalah berupa rumah mewah yang berlantai tiga,  berlokasi di Jalan Puncak Permai II nomor 26, Sukomanunggal, Surabaya. Dari cerita yang beredar di masyarakat, rumah ini adalah rumah dari hasil pesugihan. Dahulu, ada keluarga yang hidup dirumah tersebut, untuk mendapatkan kekayaannya mereka dengan jalan dan syarat memberikan tumbal dan sesajen.

Pada suatu hari, keluarga tersebut sudah tidak lagi ingin memberian tumbal dan sesajen. Mereka berusaha melarikan diri melalui jalur laut, dengan beranggapan mereka akan dapat menghentikan kutukan. Tapi naas menimpa mereka, para hantu menengelami kapal yang ditumpangi dan membuat satu keluarga ini meninggal dunia.

Dan juga kabarnya, kedua penjaga dirumah itu tewas terbunuh juga, karena mereka dijadikan pengganti tumbal yang belum dibayar.

2. Penjara Kalisosok

Penjara ini sudah berumur lebih 213 tahun. Tepatnya pada 1 September 1808, Penjara Kalisosok dibangun saat kepemimpinan Herman William Daendels. Kabarnya, di sini banyak pejuang Indonesia yang merasakan masa kelam di penjara ini, seperti sosok tokoh besar bangsa Indonesia Soekarno dan WR. Soepratman.

Konon, tempat penjara ini bukan hanya digunakan untuk mengurung, melainkan juga sebagai tempat menyiksa para tahanan. Walaupun kapasitasnya tempat ini hanya 20 orang, kala itu untuk satu ruangan dipaksa menampung kurang lebih 90 orang. Tempatnya yang sempit, gelap, dan pengap membuat suasana penjara ini semakin seram, berdasarkan cerita dari warga sekitar, banyak orang sering mendengar teriakan dari tempat penjara ini.

Penjara Kalisosok menjadi salah satu penjara yang paling angker di Indonesia. Walaupun begitu, Penjara Kalisosok ini sudah termasuk Cagar Budaya tipe B, yang harus dilindungi oleh pemerintah.

3. Tandon Air Wonokitri

Salah satu tempat bangunan tua yang berdiri di Surabaya, adalah Tandon Air Wonokitri. Tendon air ini dipercaya menyimpan banyak hal mistis.

Kabarnya, hingga saat kini struktur bangunan tendon air tidak pernah diubah, sejak awal dibangun. Belum diketahui kapan bangunan ini didirikan. Dilansir dari akun Instagram @triohantucs, Tandon Air Wonokitri dibangun pada abad 20-an. Beberapa katup sebagai pengatur air dan pipa besar masih dipergunakan hingga sekarang.

Bangunan ini dijadikan cagar budaya oleh Walikota Surabaya pada 2011. Dikabarkan, banyak masyarakat sekitar yang pernah bertemu sosok ular besar di lokasi itu. Sosok itu dianggap sebagai penunggu Tandon Air Wonokitri.

Itulah tempat-tempat sebagian yang masih dianggap oleh sebagian masyarakat Surabaya, sebagai tempat yang memiliki mistis, apakah Kamu berani untuk kunjungi tempat tadi, gak, Sahabat bukaberita.id ?   (Jol)

BERITA TERKAIT