Headline Peristiwa

Menguak Mesteri bangunan Mall Terbengkalai di Jalan Ngagel

Gedung Mall Mangkrak di jalan Ngagel
Gedung Mall Mangkrak di jalan Ngagel

SURABAYA, Bukaberita – Mungkin anda sering melintas di Jalan Ngagel, Surabaya, dan pernah melihat gedung tinggi yang menjulang, dan tidak terawat serta belum selesai pembangunannya.

Namun, bangunannya masih setengah jadi. Karena bangunan sudah tidak dilanjutkan pembangunannya bertahun-tahun, gedung itu punya banyak penghuni. Bukan manusia tentu saja.

Menurut Kakak Tri.W atau biasa disapa Kakak Panda, telah menerawang area gedung kosong di Jalan Ngagel tersebut, ternyata menurut kakak panda bangunan tersebut sudah beralih fungsi sebagai kerajaan jin. Pocong, genderuwo, kuntilanak, hingga siluman mendiami tempat itu.

Mereka terkadang mahluk tak kasat mata ini sering usil. Menampakkan diri dan mengganggu pengendara yang melintas. Terutama saat dini hari, ujar Kakak Panda.

Minggu malam (17/10) , bukaberita.id secara langsung mengikuti Kakak Panda, mendatangi ke lokasi tersebut. Kami tak bisa masuk secara leluasa karena sekeliling bangunan dipagari seng.

Tampak Bangunan Sudah Banyak Ditumbuhi Tanaman Liar, Terasa kesan Menyeramkan
Tampak Bangunan Sudah Banyak Ditumbuhi Tanaman Liar, Terasa kesan Menyeramkan

Meski begitu, hawa mistis demikian terasa. Terlebih, malam minggu ini suasana area lokasi amat sepi. Pencahayaan sangat minim. Kami pun mengandalkan sinar senter dari telepon genggam.

Suasan dingin menyelimuti malam pelaksanaan ritual terawang, membuat bulu kuduk makin merinding. Apalagi, hanya beberapa saat tiba di lokasi, sosok astral masuk ke tubuh Kakak Panda. Tingkah Panda pun mulai berubah. Mirip sosok Kakek-kakek. Makhluk astral itu sengaja diundang Panda untuk memudahkan komunikasi.Nama Kakek itu Mbah sastro.

Mbah sastro pun menceritakan kondisi di dalam gedung. Berbagai makhluk halus ada di sana. Mulai pocong, genderuwo, hingga siluman. Mereka semua berkumpul. Ketika ditanya di mana mereka bersarang, di lantai berapa atau bagian ruang apa, Mbah sastro mengelak menjawab. Dia hanya menegaskan bahwa para makhluk halus itu memiliki kekuatan besar.

Bentuk makhluk tak kasatmata itu beragam. Ada yang kupingnya besar hingga matanya merah. Para jin yang berkekuatan besar itu tinggal di dalam area gedung. Sedangkan kuntilanak, pocong, dan wewe gombel berkeliaran di sekitar jalan raya. Tak jarang juga makhluk halus itu menampakkan diri ke pengendara yang melintas. ”Biasanya pada malam hari di atas jam 00.00,” ucap Mbah sastro melalui bibir Panda.

Suasana Gedung Masuk Sore Hari
Suasana Gedung Masuk Sore Hari, Menggunakan Kamera Dron

Bukan hanya itu, ada juga makhluk halus berbentuk orang tua sama seperti saya yang sering mendadak menyeberang jalan. Akibatnya, tidak sedikit pengendara yang terjatuh. Tapi itu dulu, belakangan sudah jarang. Yang jadi sasaran empuk adalah pengendara dengan pikiran kosong. Ngelamun. Apalagi tidak berdoa.

Makhluk halus itu kerap membuntuti dari belakang. Hanya, tidak terlalu jauh. Karena itu, tidak sedikit juga pengendara yang melintas dicolek kuntilanak. Kawasan tersebut juga kerap menjadi lokasi penjambretan. Makhluk gaib itu justru mendorong orang untuk berbuat kriminal di sana.

Komunikasi dengan Mbah sastro pun berakhir. Kakak Panda kembali normal. Yang dia alami menegaskan bahwa memang benar banyak jin yang menghuni gedung kosong tersebut. Para jin yang di dalam sebetulnya tidak mengganggu. Apalagi jika tidak diusik. Sebab, mereka tinggal di sana sudah ratusan tahun, sedang sosok Mbah Sastro ini tinggalnya didekat pertigaan jalan antara bangunan Mall ini dengan Mall Lotte.

Kakak Panda menjelaskan, jin yang ada di dalam gedung memang menolak adanya pembangunan ini. Mereka tidak mau tempatnya itu diganggu. ”Ini terjadi karena mereka sudah tinggal lebih awal,” terangnya. Para jin tersebut juga tidak mau dipindahkan. Kata Panda, makhluk halus itu mungkin bisa dipindah asalkan ada timbal balik. Soal apa bentuknya, tentu dibutuhkan komunikasi dengan jin yang menjadi pemimpin area ini.

Menurut Kakak Panda, semoga saja bangunan ini bisa dibangun lagi, sehingga kesan suram dan mistis hilang, pesan Kakak Panda untuk para pengguna jalan bila melewati lokasi, jangan lah pikiran kosong, selalu memberi salam. (Tri.W/Red)

BERITA TERKAIT