Headline Peristiwa Wisata

Kawasan Jalan Tunjungan, Menjadi Meriah Malioboro Surabaya

Foto Suasana Wisata di Area Tunjungan, Mirip dengan Malioboro, Tampak Musisi Sedang Menghibur Pengunjung di Kawasan Tunjungan
Foto Suasana Wisata di Area Tunjungan, Mirip dengan Malioboro, Tampak Musisi Sedang Menghibur Pengunjung di Kawasan Tunjungan

SURABAYA, Bukaberita  – Berjalannya pertumbuhan peningkatan ekonomi di Surabaya pasca Covid-19, menjadikan kawasan wisata di area Tunjungan Kota Surabaya, telah diresmikan pada Senin (22/11). Peresmian itu dibersamai dengan program-program baru yang memikat wisatawan.

Sejumlah fasilitas telah siap di kawasan wisata Tunjungan, guna mengangkat nilai ekonomi dan tempat wisata untuk warga kota Surabaya,  yakni kawasan cagar budaya atau heritage, pusat oleh-oleh Siola, stan kuliner UMKM, kampung budaya Ketandan, tempat-tempat nongkrong, dan sejumlah spot foto instagramable.

Menariknya, di kawasan Tunjungan kini setiap malam hari, mulai dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, ada juga pertunjukan berbagai seni, baik itu dari musisi jalanan, musik patrol, musik gamelan, dan berbagai aksi kreativitas komunitas-komunitas yang ada di kota Surabaya.

Malioboronya  Versi  kota Surabaya

Kawasan wisata yang di area Tunjungan Romansa itu disebut-sebut sebagai Maliboro versi Surabaya.

“Setiap malam dan terutama malam Minggu ini (27/11), Tunjungan Romansa (Malioboro versi Suroboyo) bisa kita nikmati setiap hari Rek!. Tiap pukul 18.00 – 21.00 di area sepanjang  Jalan Tunjungan,” pantauan jurnalis bukaberita.id, Cak kopral Riski.

Tunjungan Romansa ini memanfaatkan area trotoar sekitar Jalan Tunjungan, sehingga tidak mengganggu lalu lintas Jalan di kawasan Tunjungan, jalan-jalan tetap beroperasi seperti biasanya, Suasan malam Minggu ini cukup ramai, sampai sampai jurnalis bukaberita.id Cak Kopral Riski, mengira sedang berada di kawasan Malioboro Jogya.

Para Pedagang di area ini Tak Dipungut Biaya

Sementara itu, untuk para pedagangan UMKM yang membuka stan di kawasan wisata Tunjungan Romansa, masih terbatas pada UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya.

Apabila ada pedagang yang ingin berjualan di kawasan wisata Tunjungan Romansa, bisa mencari informasi di Mall Administrasi SIOLA.

“Stand kuliner UMKM yang saat ini ada di Tunjungan sementara diperuntukkan bagi UMKM Binaan Pemkot Kota Surabaya, nantinya akan diatur jadwal untuk jualannya. Silakan untuk lebih detailnnya,  bisa berkoordinasi langsung ke SIOLA lantai 2 bagian Dinas Perdagangan. Tidak dipungut biaya apapun kepada UMKM Surabaya yang berjualan.”

Tampak para musisi sedang menghibur para pengunjung yang sedang menikmati kawasan wisata kota Surabaya ini, berbagai hiburan banyak di kawasan tersebut, para anak anak muda asik berfoto mengambil momen indah di Maloborone Suroboyo. (MDra/SatU)

BERITA TERKAIT