Headline Politik

Kabar Reshuffle Menguat, Joman : Ini 5 Menteri Yang Wajib di Ganti

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Joman, Immanuel Ebenezer

JAKARTA, Bukaberita.id- Kabar rencana Presiden Joko Widodo yang akan reshuffle Menteri kembali mengemuka. Terkait hal itu, relawan Jokowi Mania (Joman) mencatat ada 5 Menteri yang harus secepatnya diganti karena kebijakan dan kinerjanya yang dinilai tidak selaras dengan Presiden Jokowi yang mengedepankan kepentingan rakyat.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Joman, Immanuel Ebenezer mengatakan reshufle kabinet adalah solusi dari pemercepatan eksekusi kebijakan pro rakyat. Lantaran ada banyak persoalan di 5 kementerian tersebut sehingga menterinya sangat manusiawi untuk dicopot.

“Ada 5 menteri yang wajjb hengkang yakni Mensesneg Pratikno. Pejabat yang satu ini selalu bermasalah dalam adminitrasi dan memberikan pagar betis kepada Jokowi sehingga kelompok pro rakyat sulit berkomunikasi dengan Presiden,” kata Noel, panggilan akrab Immanuel Ebenezer.

Selanjutnya menurut Noel, Empat menteri lainya adalah Menteri Kementerian Yasin Limpo, Menteri ATR/BPN Sofyan Jalil, Menkominfo Jhoni Plate dan yang terburuk Menteri Perdagangan M Luthfi.

“Reshufle ini juga penting agar menteri tidak bekerja sendiri sendiri. Kita bisa lihat menteri Luthfi, Presiden tak mau impor lho kok malah ngeyel impor. Begitu juga kasus subsidi pupuk yang tidak berdampak pada swasembada hasil pertanian, Lalu kinerja Menkoinfo Jhoni G Plate juga masih melempem dalam pemblokiran situs-situs atau akun-akun radikal di media social, “katanya.

Khusus Pratikno, menurutnya, jika dipertahankan akan ada jarak luar biasa antara Jokowi dan rakyat. Ia meyakini pergantian 5 menteri tersebut akan berdampak baik pada kinerja kabinet dan tentunya Presiden.

Dijelaskan Noel, loyalitas Presiden tentu nya hanya kepada bangsa, negara dan rakyat. Jadi upaya menghalangi informasi yang utama bagi Presiden dalam mengambil keputusan tentunya akan membuat jarak yang bisa berbahaya. (erw)

BERITA TERKAIT