Headline Politik

Golkar Jatim Wacanakan Pasangan Capres 2024 Airlangga Hartarto – Khofifah

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Sarmudji ( Pakian Batik)

SURABAYA, Bukaberita-Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) mulai memunculkan wacana calon Presiden 2024. Partai Golkar mengusulkan akan  mengusung pasangan calon Presiden Ir Erlangga Hartarto  dengan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Wakil Presiden.

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji mengatakan, jika dia memposisikan sebagai warga Jatim dan Airlangga Hartarto sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden (capres), maka dia ingin pendampingnya adalah warga Jatim.

“Nah, siapanya itu nanti. Tapi tentu sebagai orang nomor satu di Jatim, kira-kira salah satunya adalah bu Khofifah (Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa),” katanya, di sela acara buka bersama dengan wartawan di Surabaya, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian layak menjadi calon capres 2024, karena memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas, dan sarat pengalaman untuk memimpin Indonesia. Namun, hingga kiini belum ada jawaban pasti dari Airlangga Hartarto.

Pasalnya, politikus asal Surabaya itu, saat ini masih fokus pada penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. “Jadi beliau masih fokus di tugas negara itu,” imbuh Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) tersebut.

Pihaknya akan lebih dulu mengenalkan sosok Airlangga Hartarto ke masyarakat. Nantinya, akan diketahui seberapa besar respon warga jika Airlangga Hartarto maju menjadi capres.

“Kami bertanggung jawab untuk memberi pengenalan Pak Airlangga ke masyarakat. Nanti kira-kira kalau sudah agak hangat-hangat Pak Airlangga bolehlah turun untuk mendeklarasikan (capres),” jelasnya.

Seperti diketahui, Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyebutkan, Airlangga Hartarto mendapat elektabilitas tertinggi dengan angka 17,6% sebagai tokoh partai politik yang cocok menjadi presiden di tahun 2024.

Di urutan kedua, muncul nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 15,6%. Diikuti Sandiaga Uno dengan angka 13,7%. (ab)

BERITA TERKAIT