Daerah Headline Indeks Pemerintahan

Geram dengan Ultah Gubernur, Joman Jatim: Pecat Saja Sekdaprov!

Ketua DPD Joman Jatim, Arief Choirie

SURABAYA, Bukaberita – Belum lama ini publik digegerkan dengan video pesta ultah ke-56 Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di rumah dinas, Kompleks Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Rabu (19/5/2021) malam.

Bukan hanya publik, Perhimpunan Dokter NU pun kecewa, demikian juga dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jaringan Organisasi Masyarakat Jawa Timur (DPD Joman Jatim), Arief Choirie. Dia geram dan meminta ada tindakan tegas, salah satunya dengan memecat Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Heru Tjahjono.

“Kok bisa-bisanya, di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir seperti sekarang ini malah menggelar pesat ulang tahun hingga menimbulkan kerumunan. Ini sungguh keterlaluan. Harus ada ketegasan, sehingga hal ini sehingga tak terulang lagi. Pecat saja Sekdaprov,” tegas Arief usai  melihat video Ultah Gubernur Jatim, Jumat (21/5/2012).

Menurut Arief, dengan memecat Sekdaprof itu merupakan langkah tegas.

“Ya jelaslah dengan memecat Sekdaprov merupakan langkah tepat. Kenapa? Karena semua acara itu pasti Sekdaprov yang mengatur. Mana mungkin, tiba-tiba ada acara seperti itu tanpa diagendakan sebelumnya,” ujarnya.

Beleum lagi, sambung Arief soal dana, darimana dana untuk acara itu. Kan lebih baik dana pesta itu disalurkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di saat seperti ini.

“Bukannya saya menuduh soal dana darimana, gak mungkin kan kalau pesta itu pakai dana pribadi, apalagi dengan alasan pesta kejutan. Apalagi pesta itu juga mengundang artis Ibu Kota, Katon Bagaskara,” katanya.

Dilansir dari TimesIndonesia, Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PP PDNU) Muhammad S Niam mengaku gemas melihat perayaan ulang tahun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang diwarnai dengan kerumunan pada Selasa 19 Mei 2021.

“Gemasnya bukan main. Kalau mau dibilang marah, ya marah. Marah dan kecewa gitu, karena pemimpin yang harusnya menjadi teladan tapi tidak bisa jadi teladan,” katanya terkait video pesta ulang tahun Khofifah yang beredar di sejumlah akun media sosial, Jumat (21/5/2021).

“Jangan masalahkan lonjakan kasus, jika prokes 5M hanya sebagai slogan,” katanya.

Sebelumnya, pada Selasa (19/5/2021) malam di rumah dinas, Kompleks Gedung Negara Grahadi, ada pesta ulang tahun dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang sedang berulang tahun ke-56.

Rupanya saat itu juga yang ulang tahun bukan hanya Gubernur Khofifah saja, tapi juga Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. Emil memiliki tanggal ulang tahun yang selisih sehari dengan Gubernur Khofifah. Yakni, pada 20 Mei.

Karena dua orang nomor satu dan dua di Jatim ini berulang tahun, suasana pun sangat semarak malam itu. Menyanyi dan berkerumun terjadi dan diduga tanpa menerapkan protokol kesehatan. Yang terlibat pesta di dalamnya seakan lupa bahwa pandemi Covid-19 masih belum berlalu di Indonesia.

Beberapa kepala OPD juga sepertinya sudah menyiapkan kostum khusus malam itu. Mereka mengenakan pakaian serba hitam dengan topi ala koboi. Salah satunya yang terlihat jelas adalah Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono.

Sementara itu, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, mengatakan, tidak semuanya, karena beberapa kepala OPD lagi ada kunjungan kerja. Jadi total semuanya 30 sama peladen (pelayan) total sekitar 50.

Lebih lanjut mengenai dugaan pelanggaran protokol kesehatan, Heru membeberkan bahwa para tamu yang hadir, dalam jumlah terbatas dan telah menjalani swab secara rutin. Termasuk satu hari sebelum rencana surprise itu terwujud.

Sehingga, acara di rumah dinas gubernur di lingkungan Gedung Negara Grahadi sudah sesuai protokol kesehatan. Heru menambahkan, selama ini Khofifah sangat detail menjaga protokol kesehatan. [sa]

 

baca juga :

NU Kehilangan Sejarawan, KH Agus Sunyoto Wafat

PPP Bicara 3 Calon Terkuat Menteri Investasi Jokowi

Editor bukaberita.id

The Joys of Long Exposure Photography

adminbukber