Daerah Headline

Diskusi Joman Jelang Buka, Muncul Gagasan Pentingnya Waduk di Situbondo

Diskusi Jelang Berbuka Puasa DPC Joman Situbondo di Ponpes Misbahul ulum Kabupaten Situbondo, Jumat (16/4/2021)

SITUBONDO, Bukaberita, Diskusi menjelang berbuka puasa bersama yang digagas oleh relawan Jokowi Mania yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang (DPC ) Jaringan Organisasi Masyarakat Nusantara (Joman) Kabupaten Situbondo menghasilkan beberapa pemikiran tentang pentingnya pemerintah pusat mulai merencanakan pembuatan waduk di Situbondo.

Ketua DPC Joman Kabupaten Situbondo Lutfi Zainullah SH mengatakan kebutuhan akan pembuatan Waduk di Kabupaten Situbondo sangatlah penting dan harus direncanakan oleh pemerintah.” Kerena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Kabupaten Situbondo adalah dibidang pertanian, sedang air untuk mengairi pertanian sangat minim,”ujarnya, saat berdiskusi dengan DPD Joman Jatim, di Ponpes Misbahul Ulum, kemarin sore, Jumat (16/4/2021).

Ia menambahkan dahulu para petani di Kabupaten Situbondo tidak ada yang kekurangan air untuk mengairi lahan sawahnya. Namun, saat ini semua lahan pertanian bergantung pada tadah hujan, kalau tidak ada hujan mereka akan menggali sumur. ” Kalau semua lahan pertanian berpangku pada air tanah, maka lama-lama dalam musim kemarau masyarakat akan mengalami kekeringan, sebab habis airnya,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD Joman Jawa Timur, Arief Choirie mengatakan bagaimana pun, waduk sangat penting sebab harus ada wadah yang bisa menampung air terutama dimusim kering. “Jika ada wadah yang memastikan sistem pengarian tetap terjaga meski musim kemarau melanda maka masyarakat yang bergelut dibidang usaha pertanian akan sangat terbantu,”ujarnya.

Pihaknya akan membantu berusaha menyampaikan ide atau gagasan dari diskusi Joman ke pemerintah agar pembuatan waduk di Kabupaten Situbondo menjadi rencana besar pemerintah. ” Bendungan atau waduk juga bisa difungsikan untuk budidaya perikanan sebab melalui sistem budidaya diharapkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat disekitar bendungan akan terangkat.(ndi)

BERITA TERKAIT