Headline Peristiwa Politik

Detik-Detik Sosok Tim AHWA Pemilihan Rois Syuriah PCNU Sidoarjo

SIDOARJO, Bukaberita – Pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama’ (NU) Sidoarjo yang dilaksanakan di Masjid Hasyim Asy’ari komplek Universitas Nahdlatul Ulama’ Sidoarjo (UNUSIDA) sejak Ahad pagi hingga menjelang maghrib (28/11), berlangsung meriah dan penuh Khidmah.

Konfercab yang diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama’ (PWNU) Jatim, KH. Ahsanul Haq,  Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh pengurus NU dari Cabang hingga ranting.

Setelah sidang pleno komisi,  dan laporan pertanggungjawaban usai, ada sedikit suasana ketegangan saat KH. Ahsanul Haq, yang menyebut 5 nama Kyai sepuh dari 26 nama yang duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA), untuk menentukan Rois Syuriah PCNU Sidoarjo lima tahun ke depan.

Adapaun 5 nama Kyai yang disebut secara berurutan sesuai perolehan suara lain  ; KHR. Abd. Salam 298 suara, KH. Syafii Misbah 279 suara, KH. Abdi Manaf 227 suara, Gus Shihab 226 dan KH Wahid Harun 176 suara. Saat Wakil Ketua PWNU Jatim ini memanggil ke 5 kyai tersebut ada untuk duduk di kursi depan, ada satu nama kyai yang tidak kunjung maju, sontak kejadian itu mengundang penasaran para peserta , sehingga banyak yang mengabadikan moment tersebut. Ternyata Kyai Abd Salam masih sholat asar, sehingga usai beliau hadir pimpinan sidang memutuskan untuk jeda sejenak.

“Baik karena ke 5 anggota AHWA sudah lengkap, kita break sejenak untuk sholat asar, dan kami persilahkan ke 5 kyai ini untuk berunding memilih Calon Rois Syuriah, sedangkan pemilihan ketua Tanfidziyah kita lanjutkan udara ishoma,” terang KH. Ahsanul Haq ,bdalam memimpin sidang pleno.

Ternyata hasil rundingan ke 5 kyai sebagai anggota AHWA,  tersebut memutuskan Kyai Abd Salam sebagai Rois Syuriah PCNU Sidoarjo,  perode 2021-2026.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, atas perintah dan keputusan para kyai saya siap menerima mandat sebagi Rois Syuriah PCNU Sidoarjo,  2021-2026,” Ucap Kyai Abd Salam,  dalam sambutan singkat setelah ditetapkan sebagai Rois Syuriah PCNU Sidoarjo,  oleh Wakil Ketua PWNU Jatim. (WanS/Red)

BERITA TERKAIT