Headline Politik

Cegah DB, Sahabat Imam Syafi’I Intensifkan Fogging untuk Warga Surabaya

SURABAYA, Bukaberita – Tim Sahabat Imam Syafi’I semakin mengintensifkan fogging sebagai upaya cegah peningkatannya kasus demam berdarah. Sejak bulan Agustus sampai dengan saat ini, telah dilakukan fogging  di sejumlah wilayah Surabaya. Serta juga melakukan penyemprotan asap disinfektan.

Pada Hari, Minggu (12/9) Tim Sahabat Imam Syafi’I , melakukan fogging di Sekolah Paud dan Tk Aisyiyah 34 Ngagel, Jl. Ngagel Madya V/ 2, Surabaya dan di kawasan Dupak Jaya lingkup RW.08 di 3 RT (3,4,5), Ketika mendampingi pelaksanaan fogging, ketua RT 4, Sudarsono mengatakan bahwa ada 12 RT di RW.08 yang ingin dilakukan pengasapan, untuk sementara dilakukan di 3 RT dahulu (3,4 dan 5). selanjutnya 9 RT lainnya dilaksanakan di minggu depannya.  Di wilayahnya memang belum ada kasus demam berdarah (DB) hingga saat ini. ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa warga dilingkungan RT.04, sangat dibantu oleh Tim Sahabat Imam Syafi’I dengan diadakan fogging DB, kami juga gencar melakukan pembersihan sarang nyamuk. sering juga mengingatkan warga agar sering menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan udara, membersihkan halaman sehingga lingkungan bersih. “Ini upaya kami mencegah adanya demam berdarah”, pungkasnya.

Begitu juga dengan di sekolah PAUD dan TK Aisyiyah, Kepala sekolah, Ustajah Bibah mengatakan disekolah akan diadakan PTM, sangat terbantu oleh Tim Sayabat Imam Syafi’I, yang selalu tanggap dan peduli pada sekolah kami ini.

“ Sering anggota Dewan Kota Surabaya dari Fraksi NasDem ini, Bapak Imam Syafi’I, sangat memperhatikan dan peduli pada sekolah kami, bukan kali ini aja, beliau selalu memperhatikan sekolah kami dari penyemprotan disinfektan dan fogging DB, kata Ustajah Bibah.

Sementara itu, Anggota Dewan Kota Surabaya dari fraksi NasDem Dapil I, Imam syafi’I  mengatakan bahwa fogging merupakan langkah terakhir untuk mencegah penyebaran nyamuk DB. “Fogging pada dasarnya membunuh nyamuk yang sudah dewasa”, kami dengan Tim Sahabat Imam Syafi’I,  akan selalu sigap dan tanggap akan kesehatan warga Surabaya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar aktif melakukan pencegahan dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dilakukan dengan cara 3M Plus. Mulai dari menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum. Serta tetap pula menjaga kebersihan serta prokes tentang Covid 19, jangan sampai warga terlena dan lupa, selalu terapkan prokes (Mencuci tangan, mengunakan Masker dan hindari Kerumunan) serta menjaga imun.

Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum. Terakhir, manfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Drs. H. Imam Syafi'i, SH. MH
Drs. H. Imam Syafi’i, SH. MH

Adapun plusnya itu menaburkan bubuk yang dapat membunuh larva atau jentik nyamuk di tempat penampungan udara, menghindari kebiasaan menggantung di rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk. (Jun/Jol)

BERITA TERKAIT